Sabtu, 24 Maret 2012

Tomcat Sudah Menyebar ke Berbagai Tempat

Seorang bocah yang tinggal di rumah susun Tanah Merah tak luput dari serangan tomcat yang sudah hampir sepekan muncul di Surabaya, Jawa Timur. Tidak hanya balita yang masih dua tahun, orangtua pun pun tak luput dari serangan serangga yang mempunyai nama latin paederus riparius itu. Bahkan tomcat tampak leluasa menggantung dan menjalar di dinding rumah susun itu tanpa ada upaya serius untuk mengusirnya.
Di Jombang, tomcat juga mulai memakan korban. Warga di beberapa desa mengaku sudah sering melihat serangga itu, namun selama ini tidak begitu mengkhawatirkan. Jika disengat serangga ini, warga hanya membeli obat sejenis salep di toko obat. Meski demikian sengatan serangga ini tetap tidak sembuh kendati obatnya sudah habis.
Seorang warga Tulungagung juga terkena serangan tomcat. Korban bernama Adim Makarim ini semula hanya merasa gatal di tangan. Namun rasa gatal tidak sembuh bahkan tangannya terasa panas dan melepuh.

Rasa gatalnya menyebar hingga ke pipi dan pelupuk mata Adim. Pihak Dinas Pertanian yang melakukan penyisiran di perkebunan tebu dan padi menemukan beberapa ekor tomcat di dedaunan.


Tomcat tidak hanya ditemukan di beberapa wilayah di Jatim, tapi juga ada di Kulonprogo, Yogyakarta. Seorang bocah empat bulan diduga menjadi korban tomcat setelah tangannya gatal kemudian melepuh.

Namun saat dibawa ke puskesmas petugas menyatakan bahwa bocah tersebut mengalami luka bekas gigityan serangga. Namun petugas belum berani memberi salep maupun obat lain terhadap sang bocah itu.

Anda yang mendapati tomcat tidak perlu terlalu cemas. Begitu kena dianjurkan tidak menyentuhnya karena akan mengeluarkan bisa. Sebaiknya tomcat yang menempel dikibaskan saja. Basuh dan bilaslah dengan air dan berikan salep yang cocok sesuai petunjuk dokter.(IAN)

Sumber ;liputan6.com

0 komentar:

Posting Komentar

 
Design by Wordpress Theme | Bloggerized by Free Blogger Templates | coupon codes